Tips & Trick dalam menggunakan Ms. Word, Ms Excel ,Power
Point dan File Managemen
A.
Ms.
Word
Berikut
adalah beberapa tips dan trik dalam mempermudah menggunakan Ms. Word,
a.
Cara
mengubah huruf kapital
Pernah tidak kita tidak sengaja menekan tombol CAPS LOCK dan teks
yang kita
tulis menjadi huruf kapital semua? Kalau sudah
seperti ini, biasanya kita akan menghapus seluruh
bagian teks dan mengetik ulang. Tapi ternyata ada cara mudah dalam menangani
hal ini, yang perlu kamu lakukan hanyalah blok teks yang berhuruf kapital
kemudian menekan tombol Shift + F3 ( untuk windows ) atau tombol Shift + Fn +
F3 ( untuk Mac ) maka ukuran teks akan berubah menjadi huruf kecil semuanya.
b.
Cara
melihat Struktur teks
Kamu dapat
melihat keseluruhan teks yang telah kamu ketik dengan menggunakan mode outline,
caranya adalah pilih View di menu bar kemudian pilih outline. Dengan metode ini
kamu akan lebih mudah dalam melihat struktur teks secara keseluruhan.
c.
Cara
menerjemahkan seluruh dokumen secara sekaligus
Untuk pengguna
Windows kamu dapat menggunakan aplikasi Bing translator yang telah tersedia,
aplikasi ini dapat menerjemahkan seluruh teks atau kalimat tertentu yang kamu
pilih saja. Fitur ini dapat menghemat waktu karna kamu tidak perlu untuk bolak
– balik membuka halaman website terjemahan dan dokumen microsoft.
d.
Cara
mencantumkan tanggal dan jam
Untuk pengguna
Windows, anda dapat mencantumkan tanggal dan jam di dokumen anda dengan cara
menekan tombol Shift + Alt + T ( untuk jam ) dan tombol Shift + Alt + D ( untuk
tanggal )
Untuk pengguna
Mac, cara untuk memasukkan tanggal dan jam sangatlah mudah, anda hanya perlu
pilih insert di menu bar kemudian pilih date and time, maka dokumen anda akan
tercantum tanggal dan jam.
e.
Cara
membuat screenshot
Kamu dapat
memasukkan hasil screenshot kedalam dokumen dengan cara memilih insert di menu
bar kemudian memilih tombol screenshot untuk Windows atau menekan tombol
Command + Shift + F3 untuk Mac.
f.
Cara
mengedit dokumen bersama teman
Cara ini hanya
ada di Ms. Word versi 2013, kamu dapat mengerjakan suatu dokumen bersama teman
tanpa merusak keseluruhan teks. Cara ini dilakukan dengan menambahkan komentar
pada dokumen yang mau dibahas.
Untuk pengguna
Mac anda dapat menemukan hal tersebut pada pilihan review lalu memilih new
comment untuk menambahkan komentar pada bagian tertentu yang anda inginkan.
g.
Cara
memberi watermark pada dokumen
Untuk
memberikan watermark kamu dapat memilih layout di menu bar kemudia memilih
watermark ( untuk Windows ) atau dapat memilih insert lalu watermark ( untuk
Mac ). Kamu juga dapat memilih jenis watermark yang kamu inginkan, baik itu
berupa gambar maupun berupa tulisan.
h.
Cara
memilih teks dengan cepat
Ada beberap hal yang dapat dilakukan :
1.
Klik
3 kali dalam sebuah paragraf untuk memilih keseluruhan kata di Ms. Word
2.
Tekan
tombol Ctrl dan klik dimana saja untuk memilih seluruh kata di Ms. Word
i.
Cara
menghilangkan Border dan warna tabel dengan cepat
Dapat
dilakukan dengan cara mengklik salah satu tabel kemudian tekan tombol Ctrl +
Alt + U maka warna pada tabel akan hilang semua.
B.
Power
Point
1.
Membuka
presentasi
Tekan Ctrl + O
2.
Menutup
Presentasi
Tekan Ctrl + W
3.
Menyisipkan
Hyperlink
Tekan Ctrl + K
4.
Menjalankan
Presentasi
Tekan F5 atau klik menu slideshow
5.
Memulai
slide show sesegera tanpa memperlihatkan bingkai demi bngkai
Nama file dan klik kanan pada mouse
6.
Jeda
dalam presentasi dengan menampilkan layar hitam
Tekan tombol B atau tanda titik (.)
7.
Jeda
dalam presentasi dengan menampilkan layar putih
Tekan tombol W atau tanda koma (,)
8.
Menampilkan
Shortcut atau Help
Saat slide show tekat tombol F1 atau tekan Shift + ?
9.
Menghilangkan
Pointer
Tekan Ctrl + H
10. Memunculkan kembali pointer dan merubah bentuknya
Tekan Ctrl + A atau tekan tombol A atau dapat juga dengan
menekan tombol ( = )
11. Menghentikan atau merestart presentasi
Tekan S atau tanda (+)
12. View Task Bar
Tekan Ctrl + T
13. Mengubah tampilan ke opsi slide sorter
Tekan Tombol Alt + V + D
14. Membuka menu efek Costum Animation untuk teks
Tekan Tombol Alt + D + M
15. Menggandakan slide terpilih
Tekan tombol Ctrl + D
C.
File
manager
Berikut
adalah tip dalam menyusun file manager dalam komputer
1.
Gunakan
file folder, jangan biasakan menaruh file sembarangan
2.
Gunakan
fitur Library yang tersedia di internet dengan sebaik mungkin dan secara bijak
3.
Organisir
file sesuai dengan kategorinya
4.
Organisir
file berdasarkan dengan waktunya
5.
Hindari
penggunaan subfolder yang terlalu banyak, karna itu akan menyulitkan anda dalam
mengakses file
6.
Beri nama folder dan file dengan nama yang
pendek dan tepat
7.
Gunakan
“Preview pane”
8.
Lakukan
komperensi terhadap file dan folder yang jarang atau bahkan tidak pernah
digunakan
9.
Hapus
file duplikat
10. Gunakan beberapa aplikasi pendukung untuk mempermudah
mengorganisir file komputer.
D.
Ms.
Excel
1.
Memprotect
sel tertentu pada lembar kerja excel
a.
Blok terlebih dahulu cell mana yang ingin
tetap bisa diedit.
b. Selanjutnya klik Format sekali lagi
tapi kali memilih Protect Sheet
c. Pada jendela Protect Sheet, klik
unchek atau buang tanda centang pada pilihan Select locked cells, Jangan lupa
tambahkan password, kemudian klik OK. akan tampil jendela Confirm Password,
masukkan password yang sama sekali lagi dan terakhir klik OK
2.
Cara membuat nomor urut dengan cepat
a. Ketikkan angka 1 dan 2 pada cell
yang ingin dibuat nomor urut. Misal pada A1 dan A2. Blok cell A1 dan A2.
b. Arahkan cursor pada pojok kanan
bawah cell A2 sampai ada tanda (+) kecil.
c.
Selanjutnya
tinggal drag and drop atau klik kiri, tahan dan tarik ke bawah sampai baris
yang diinginkan.
3.
Cara
membuat teks subscript dan seperscript
a.
Pilih Teks yang ingin dijadikan
Subscript atau Superscript.
b. Kemudian pada tab Home pilih atau
klik Dialog Box Launcher yang ada pada group Font, atau bisa juga dengan
menekan tombol Ctrl+Shift+F, maka akan tampil dialog Format Cells.
c. Centang pilihan Superscript untuk
membuat teks Supescript dan centang pilihan Subscript untuk membuat teks
subscript
4. Mengisi range di bawah cell yang sedang
aktif dengan isi cell yang sama
Tekan [Ctrl+D]
Tekan [Ctrl+D]
5. Membuat worksheet baru
Tekan [Alt+Shift+F1]
Tekan [Alt+Shift+F1]
6. Menjalankan kembali perintah terakhir yang
dijalankan atau mengubah referensi cell dari relatif/absolut
Tekan [F4]
Tekan [F4]
7. Berpindah ke file excel yang lain
Tekan [Ctrl+Tab]
Tekan [Ctrl+Tab]
8. Membuat chart
Tekan [F11]
Tekan [F11]
9. Membuka workbook baru
Tekan [Ctrl+N]
Tekan [Ctrl+N]
10. Menyimpan worksheet yang sedang aktif
Tekan [Ctrl+S]
Tekan [Ctrl+S]
11. Menyembunyikan kolom
Tekan [Ctrl+0]
Tekan [Ctrl+0]
12. Membuka dialog format cells
Tekan [Ctrl+1]
Tekan [Ctrl+1]
13. Membuat formula untuk menjumlah cell-cell
di atasnya
Tekan [Alt+=]
Tekan [Alt+=]
14. Menjumlahkan data yang berbentuk angka
Ketik [=sum] + [ ( ] lalu blok cell yang datanya akan dijumlahkan + [ ) ]
Ketik [=sum] + [ ( ] lalu blok cell yang datanya akan dijumlahkan + [ ) ]
15. Menentukan rata – rata data yang berbentuk
angka
Ketik [=average] + [ ( ] lalu blok cell yang datanya akan didapatkan rata-ratanya + [ ) ]
Ketik [=average] + [ ( ] lalu blok cell yang datanya akan didapatkan rata-ratanya + [ ) ]
16. Mencari nilai tertinggi
Ketik [=max] + [ ( ] lalu blok cell yang terpilih + [ ) ]
Ketik [=max] + [ ( ] lalu blok cell yang terpilih + [ ) ]
17. Mencari nilai terendah
Ketik [=min] + [ ( ] lalu blok cell yang terpilih + [ ) ]
Ketik [=min] + [ ( ] lalu blok cell yang terpilih + [ ) ]
18. Menentukan ranking (peringkat) suatu nilai
Ketik [=rank] + [ ( ] lalu blok cell yang terpilih + [ ) ]
Ketik [=rank] + [ ( ] lalu blok cell yang terpilih + [ ) ]
19. Menentukan pengurangan
Menggunakan ikon “-“
Contoh : =A1-A3
Menggunakan ikon “-“
Contoh : =A1-A3
20. Menentukan perkalian
Menggunakan ikon “*”
Contoh : =A1*A3
Menggunakan ikon “*”
Contoh : =A1*A3
21. Menentukan pembagian
Menggunakan ikon “/”
Contoh : =A1/A3
Menggunakan ikon “/”
Contoh : =A1/A3
22. Menentukan perpangkatan
Menggunakan ikon “^”
Contoh : =A7^2 atau =A7^3
Menggunakan ikon “^”
Contoh : =A7^2 atau =A7^3
23. Menentukan presentase
Menggunakan ikon “%”
Contoh : =A5*10%
Menggunakan ikon “%”
Contoh : =A5*10%
Tidak ada komentar:
Posting Komentar